Beranda | Artikel
[Album] Kajian Rutin Kamis Sore - Mendalami Amalan Hati
Minggu, 18 Agustus 2019

At-tuhfah Al’Iraqiyah Fil A’mal Al Qalbiyah inilah kitab yang dibahas oleh Ustadz Abu Haidar As-Sundawy Hafizhahullah di Masjid Al-Ukhuwah setiap kamis sore.

At-tuhfah = simpanan yang sangat berharga
al’iraqiyah = orang-orang irak
fil amalan qalbiyah = dalam amalan hati

Kitab ini diberi judul demikian karena berawal dari pertanyaan-pertanyaan penduduk irak kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahumullah yang berkaitan dengan amalan-amalan hati lalu dijawab oleh beliau. Kemudian jawabannya dibukukan oleh beliau, ,maka lahirlah buku At-tuhfah Al’Iraqiyah Fil A’mal Al Qalbiyah ini.
Kenapa kitab ini penting untuk dibahas ? Karena Hati itu bagian yang paling dilihat dan dinilai dari diri manusia oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana perkataan Nabi berikut :

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian”. H.R Muslim

Kebanyakan manusia lebih sibuk memperbaiki fisiknya daripada memperbaiki hatinya. Padahal dari hatilah akan muncul amalan shalih dan amalan buruk. Sebagaiman Hadits shahih riwayat imam muslim :

أَلا وإِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وإذَا فَسَدَت فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلا وَهيَ القَلْبُ

Ketahuilah, sesungguhnya dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka akan baik seluruh tubuh manusia, dan jika segumpal daging itu buruk, maka akan buruk seluruh tubuh manusia, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati.

Dalamnya lautan bisa diselami, namun hati orang tidak bisa diselami. Namun, ada indikator melihat hati yang sedang rusak, yakni amalannya.
Tidak memperhatikan ibadah hati akan membawa pada kebinasaan. Contohnya adalah nasib orang-orang yang pertama dimasukkan kedalam neraka. Mereka adalah orang-orang yang beramal dengan amalan luar biasa, namun di hatinya ada penyakit, yakni riya.
Masih banyak lagi alasan penting mengapa kita harus membahas amalan hati ini. Berikut beberapa audio rekaman kajian “Mendalami Amalan Hati”. Silahkan di unduh.

.


Artikel asli: https://radiotarbiyahsunnah.com/playlist-kajian-rutin-kamis-mendalami-amalan-hati/